Info Sekolah
Sabtu, 18 Mei 2024
  • Selamat datang di Website Official SMP Plus Darussalam. Sekolah kami sudah Ter-Akreditasi A dan memiliki 3 Program Kelas ( Sains Language, Tahfidz dan Reguler )

JUARA 2 SAYEMBARA ARTIKEL – YUK.!!! HILANGKAN BULLY DARI SEKOLAH KITA

Diterbitkan : - Kategori : Pendidikan

Karya : Aulia Sakinah ( IX C ) – Kalian tau gak,kasus apa yang lagi trend di sekolah sekolah sekarang ini?katanya kasusnya dapat mempengaruhi kesehatan mental lo apasih yuk kita cari tau!

Bullying. Ya…kasus yang lagi trend di sekolah sekarang ini adalah bullying, apa itu bullying? bullying merupakan suatu tindakan agresif yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok yang memiliki kekuatan lebih terhadap orang lemah baik secara fisik ataupun psikologis. Sehingga membuat korban menjadi tertekan, trauma dan tidak berdaya.

Menurut kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) bullying atau juga biasa disebut perundungan adalah tindakan mengganggu, mengusik, menyusahkan secara terus menerus. Ada banyak dampak bullying bagi korbannya, beberapa contohnya: depresi, cemas, merasa sedih, kesepian hingga menurunnya prestasi akademis.

Bentuk bullying yang terjadi di sekolah dapat berupa:

  1. VERBAL dimana kekerasan yang dilakukan berupa ejekan ,cacian dll.
  2. FISIK kekerasan yang dilakukan berhubungan dengan tubuh seseorang seperti pukulan,tendangan,dll
  3. RELASIONAL kekerasan terjadi karena munculnya kelompok ataupun individu lain hingga adanya pengucilan.

Dengan dampak yang membahayakan korban bullying, maka pencegahan harus dilakukan dengan secepatnya. Berdasarkan Pasal 54 UU nomor 35 tahun 2014 :

“Anak didalam dan dilingkungan satuan pendidikan wajib mendapatkan perlindungan dari tindakan kekerasan fisik, psikis, kejahatan seksual dan kejahatan lainnya yang dilakukan oleh pendidik, tenaga pendidikan,sesama peserta didik dan pihak lain”

Kalian tau apa saja faktor yang menyebabkan bullying ini terjadi? diantaranya yaitu(Perbedaan kelas(senoritas), ekonomi keluarga, perbedaan agama, perbedaan karakter, dendam atau iri hati sesama teman.

Jika ada seseorang yang membully, kita harus tetap percaya diri dalam menghadapi tindakan tersebut dengan berani, menyimpan bukti bullying agar dapat dilaporkan.

Jangan pernah takut dalam berbicara ataupun melaporkan walaupun diancam oleh pelaku. Tetaplah berteman dengan teman-teman yang membuat kita percaya diri dan selalu BERPIKIR POSITIF