Info Sekolah
Sabtu, 24 Feb 2024
  • Selamat datang di Website Official SMP Plus Darussalam. Sekolah kami sudah Ter-Akreditasi A dan memiliki 3 Program Kelas ( Sains Language, Tahfidz dan Reguler )

JUARA 1 SAYEMBARA ARTIKEL – MELAWAN PEMBULIAN

Diterbitkan : - Kategori : Pendidikan

Karya : Ferdin Ardiansyah (VIII i) – Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial, karena manusia tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain yang ada di sekitarnya, dengan adanya interaksi sosial manusia bisa mendapatkan informasi.

Serta dengan adanya hal tersebut, manusia juga dapat menjalin tali persaudaraan dengan cara menghargai perbedaan orang lain. Dari segi fisik, agama, suku, budaya dan perbedaan lainnya.

Seseorang juga harus menjaga kerukunan dan ketentraman hidup agar hidupnya menjadi aman dan damai, serta tidak adanya permusuhan dan pertengkaran.

Berjalannya seiring waktu, mulai banyak orang-orang yang tidak mengerti arti dari menghargai orang lain. Karena hal itulah banyak perkara yang berujung pembullyan.

Pada dasarnya pembullyan terjadi karena seseorang tidak ada rasa saling menghargai perbedaan yang dimiliki temannya.

Ada banyak sekali contoh dari pembullyan, antara lain :

Ada teman kita yang fisiknya tidak sempurna, lalu dia diejek dengan sebutan tidak pantas. Kadang kali ada anak pendiam yang kurang bersosialisasi dengan temannya, lalu dia disuruh-suruh temannya. sedangkan jika dia tidak mau melakukan hal tersebut, dia akan diancam. Sehingga dia merasa terancam dan tertekan, lalu proses belajarnya akan terganggu.

Keterkaitan dengan hal tersebut, untuk mengurangi kasus pembullyan kita harus bisa menghargai dan memberikan kasih sayang kepada teman-teman yang ada disekitar kita.

Bahkan ada satu Hadist yang menerangkan kasih sayang, berbunyi :

مَنْ لَا يَرْحَمْ لَا يُرْحَمْ

Artinya : Barang siapa yang tidak menyayangi, maka dia tidak akan disayangi. (HR. Muslim no. 2318)

Dan tidak cukup itu saja, jika kita melihat teman kita di bully, maka kita harus cepat-cepat membantunya dan melaporkan kepada orang yang lebih tua. Seperti Guru, dll.

Mungkin dengan cara inilah, kita setidaknya dapat mengurangi kasus pembullyan. Karena tugas kita sebagai pelajar adalah belajar dan mencari lebih banyak ilmu, bukannya membully teman-teman kita.